Lirik Sholawat Al Qolbu Mutayyam Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Lirik Sholawat Al Qolbu Mutayyam Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Sholawat merupakan bagian integral dari tradisi keagamaan Islam yang memiliki keindahan dan kekhususan tersendiri. Melalui syair-syair indah yang penuh makna, sholawat menjadi sarana untuk mengungkapkan rasa cinta, pengagungan, dan doa kepada Nabi Muhammad SAW. Salah satu sholawat yang memikat hati dan menggugah jiwa adalah Sholawat Al Qolbu Mutayyam.

Sholawat Al Qolbu Mutayyam adalah sebuah sholawat yang terkenal dan sering dinyanyikan oleh umat Muslim di berbagai belahan dunia. Sholawat ini memiliki kelebihan tersendiri dalam menyentuh hati dan memperkuat iman. Dengan melantunkan syair-syairnya yang penuh dengan kelembutan dan kehormatan terhadap Rasulullah, Sholawat Al Qolbu Mutayyam mampu menjadikan hati yang terpaut dengan keraguan dan kelelahan untuk kembali bersemangat dan penuh cinta kepada Allah dan Rasul-Nya.

Lirik dari Sholawat Al Qolbu Mutayyam menggambarkan betapa mulianya Rasulullah sebagai utusan Allah. Setiap baitnya memberikan pujian dan sanjungan kepada beliau yang merupakan teladan sempurna bagi umat manusia. Syair-syairnya mengekspresikan rasa kasih sayang, kekaguman, dan pengabdian yang tulus kepada Nabi Muhammad SAW. Melalui lirik-lirik yang indah dan puitis, sholawat ini membangkitkan rasa cinta dan penghormatan yang dalam terhadap Nabi Muhammad SAW.

Sholawat Al Qolbu Mutayyam juga memberikan kesempatan bagi umat Muslim untuk merenungkan kebesaran dan keindahan agama Islam. Dalam setiap baitnya, lirik sholawat ini mengingatkan kita tentang ajaran-ajaran Islam yang mendorong kebaikan, perdamaian, dan kasih sayang. Dengan merenungkan makna lirik-liriknya, kita diingatkan untuk senantiasa menjalankan ajaran agama dengan sebaik-baiknya dan mengembangkan jiwa yang penuh dengan ketakwaan kepada Allah.

Sholawat Al Qolbu Mutayyam bukan hanya sebuah rangkaian kata-kata indah yang dilantunkan, tetapi juga merupakan sebuah ungkapan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. Melalui sholawat ini, umat Muslim mengungkapkan rasa cinta dan rindu yang mendalam terhadap sosok yang telah membawa cahaya agama Islam ke dunia ini. Sholawat Al Qolbu Mutayyam menjadi sarana untuk mempererat ikatan spiritual antara umat Muslim dengan Nabi Muhammad SAW.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam mengenai lirik Sholawat Al Qolbu Muttayam. Kita akan membahas makna-makna yang terkandung di dalamnya, serta keindahan dan kelembutan yang dihasilkan oleh syair-syairnya. Dibawah ini merupakan teks lirik lengkap dari Sholawat Al Qolbu Mutayyam.


Teks Lirik Sholawat Al Qolbu Mutayyam Tulisan Arab, Latin dan Artinya

اَلقَلْبُ مُتَيَّمْ بِطٰهَ النَّبِی
Alqolbu mutayyam bithôhannabî
Hati dipenuhi rasa cinta pada Nabi berjuluk Thaha (Thaha adalah Nama lain dari Rasulullah SAW)

وَصَلَّی وَسَلَّمْ عَلَی طٰهَ النَّبِی
Wa shollâ wasallam ‘alâ Thôhân-nabî
Semoga sholawat dan salam tercurah kepada Nabi Thaha

نَبِيْنَا الْمُگرَّمْ نَبِيْنَا الْمُشَرَّفْ
Nabînal mukarrom nabînal musyarrof
Yaitu Nabi kita yang mulia, Nabi kita yang luhur

طٰهَ العَرَبِيّ طَهَ العَرَبِيّ
Thôhal ‘arobî Thôhâl ‘arobî
Sosok pilihan dari bangsa Arab, sosok pilihan dari bangsa Arab

أَحْمَدُ هَدَانَا وَالْمَوْلَی قَدْشَاء
Ahmadun hadânâ walmaulâ qod syâ’
Nabi Muhammad memberi petunjuk pada kita, Allah telah mentakdirkannya

بِالْخَيْرِ اَتَانَا وَبِالْحَقِّ جَاء
Bil khoiri atânâ wa bilhaqqi jâ’
Nabi Muhammad datang pada kita dengan membawa kebaikan

لِلتَّقْوَی دَعَانَا لِدَرْبِ الرَّجَاء
Littaqwâ da’ânâ lidarbirrojâ’
Beliau menyrukan kepada kita untuk bertaqwa pada Allah menuju jalan raja' (berharap pada Allah)

وَالْمَوْلَی اَغْنَانَا بِطٰهَ النَّبِی
Wal maulâ aghnânâ biThôhan-nabî
Allah telah memberi kekayaan pada kita berupa Nabi petunjuk Thaha.

يَارَسُوْلَ اللّٰه جِئْتَ بِالْقُرْآن
Yâ Rosûlallâh jita bil~Qur’ãn
Wahai Utusan Allah, dengan perantara Al-Quran datang

مِنْ وَحْیِ الْإِلٰه مَوْلَانَا الرَّحْمٰن
Min wahyil ilâh maulânâr-rohmân
Wahyu dari Tuhan Yang Maha Pemurah

وَبِعَوْنِ اللّٰه نَشَرْتَ الْإِيْمَان
Wa bi’aunillâh nasyartal imân
Dan dengan Pertolongan Allah, engkau menyebarkan iman

يَاحَبِيْبَ اللّٰه يَاطٰهَ النَّبِی
Yâ habîballâh Yâ Thôhân-nabî
Kekasih Allah, wahai Nabi Thaha

گمْ يَخْطُو فُؤَادِی لِتِلْكَ الدِّيَار
Kam yakhthû fu~âdî litilkad-diyâr
Bagaimana langkahku ke rumah itu (maksudnya adalah Masjid Nabawi yang dulu menjadi rumah Nabi)

وَبِشَوْقٍ يُنَادِیْ شَافِعِی الْمُخْتَار
Wa bisyauqin yunâdî syâfi’il mukhtâr
Dan dengan penuh keinginan ia memanggil orang yang mulia lagi terpilih (untuk datang ke sana)

قَدْ طَالَ ابْتِهَادِی عَنْ اَغْلَی مَقَام
Qod thôlabtihâdî ‘an aghlâ maqôm
Sungguh dalam kerinduanku pada tempat tertinggi itu (Mekkah dan Madinah)

وَالحَجُّ مُرَادِی وَدِيَارُ النَّبِي
Wal hajju murôdî wa diyârun-nabî
Haji adalah tujuanku dan juga rumah Nabi (Masjid Nabawi)

Penutup

Semoga lirik-lirik Sholawat Al Qolbu Mutayyam terus mengalir di hati kita dan menjadi sumber inspirasi untuk meningkatkan hubungan spiritual dengan Allah SWT. Semoga kita dapat mengambil hikmah dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam sholawat ini dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui lirik-liriknya yang memikat hati, Sholawat Al Qolbu Mutayyam mengajak kita untuk merenungkan keagungan agama Islam, meneladani akhlak Rasulullah, dan memperkuat ikatan persaudaraan di antara umat Muslim. Sholawat ini memberikan kesempatan bagi kita untuk meningkatkan kesadaran spiritual, menguatkan iman, dan mendekatkan diri kepada Allah dengan penuh cinta dan rasa takwa.

Dalam dunia yang serba hektik dan penuh tantangan ini, Sholawat Al Qolbu Mutayyam adalah suara lembut yang mengingatkan kita akan kebesaran dan kasih sayang Allah serta teladan mulia yang diwariskan oleh Nabi Muhammad SAW. Melalui sholawat ini, kita dapat menemukan ketenangan jiwa, keteguhan iman, dan panduan dalam mengarungi kehidupan ini.

Kita dapat melantunkan Sholawat Al Qolbu Mutayyam secara pribadi atau bersama-sama dalam majlis dzikir, pengajian, atau acara keagamaan lainnya. Dengan merenungkan lirik-liriknya yang membangkitkan kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya, kita dapat memperoleh keberkahan dan kebahagiaan dalam hidup.

Akhir kata, Sholawat Al Qolbu Mutayyam adalah sebuah hadiah indah bagi umat Muslim. Melalui lirik-liriknya yang sarat makna dan keindahan, sholawat ini memberikan penghiburan, inspirasi, dan kekuatan spiritual. Marilah kita terus mempelajari dan melantunkan sholawat ini sebagai bentuk penghormatan kepada Allah dan Rasul-Nya, serta untuk memperkuat ikatan kasih sayang, persatuan, dan persaudaraan di antara umat Muslim.

Posting Komentar

0 Komentar